SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan
Bidang MIPA)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan
struktur
partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang
struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat
tentatif.
|
· Massa atom relatif (Ar) dan Massa molekul relatif (Mr)
· Persamaan reaksi
·
Hukum dasar kimia
- hukum Lavoisier
- hukum Proust
- hukum Dalton
- hukum Gay
Lussac
- hukum Avogadro
·
Konsep
Mol
-
massa
molar
-
volume
molar
gas
-
Rumus
empiris
dan
rumus molekul.
-
Senyawa
hidrat.
- Kadar zat (persentase massa, persentase
volume, bagian per Juta atau part per million, molaritas, molalitas, fraksi
mol).
·
Perhitungan kimia
- hubungan antara jumlah mol,
partikel, massa dan volume gas dalam persamaan reaksi.
- pereaksi pembatas.
|
Mengamati
·
Membaca literatur tentang massa atom relatif dan massa molekul
relatif, persamaan reaksi, hukum dasar kimia dan konsep mol.
· Mengkaji literatur tentang penerapan konsep mol dalam perhitungan kimia.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan bagaimana cara menentukan massa atom relatif dan
massa molekul relatif suatu senyawa? Bagaimana cara menyetarakan persamaan reaksi?
·
Mengajukan pertanyaan bagaimana
membedakan rumus empiris dengan rumus molekul? Mengapa terbentuk senyawa hidrat?
Bagaimana menentukan kadar zat?
·
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan penerapan konsep mol dalam perhitungan kimia.
Pengumpulan Data
·
Mendiskusikan cara menentukan
massa atom relatif dan massa molekul relatif.
·
Mendiskusikan cara menyetarakan
persamaan reaksi.
·
Merancang percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier
serta mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi.
·
Melakukan percobaan untuk
membuktikan hukum Lavoisier.
·
Mengamati dan mencatat data hasil
percobaan hukum Lavoisier.
· Mendiskusikan hukum
Proust , hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro.
·
Mendiskusikan massa molar, volume molar gas, rumus empiris dan rumus molekul serta
senyawa hidrat.
·
Mendiskusikan penentuan kadar zat dalam
campuran.
·
Menganalisis konsep mol
untuk menyelesai-kan perhitungan kimia
(hubungan antara jumlah mol, partikel, massa dan volume gas dalam persamaan
reaksi serta pereaksi pembatas).
Mengasosiasi
·
Berlatih menghitung massa atom
relatif dan massa molekul relatif
·
Berlatih menyetarakan persamaan
reaksi.
·
Menganalisis data untuk membuktikan hukum Lavoisier.
·
Menganalisis hasil kajian untuk
menyimpulkan hukum Proust ,
hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro.
·
Berlatih menentukan massa molar
dan volume molar gas.
·
Menghubungkan rumus empiris
dengan rumus molekul
·
Menghitung banyaknya molekul air
dalam senyawa hidrat
·
Menghitung banyaknya zat dalam
campuran (% massa, % volum, bpj, molaritas, molalitas, dan fraksi mol) .
·
Menyimpulkan
penggunakan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan penyelesaian
penentuan massa atom relatif dan massa
molekul relatif serta persamaan reaksi.
·
Menyajikan hasil percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier.
|
Tugas
·
Merancang percobaan untuk
membuktikan hukum Lavoisier
Observasi
·
Sikap ilmiah saat diskusi, merancang
dan melakukan percobaan dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Laporan percobaan
Tes tertulis
uraian
· Menentukan massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr)
·
Menentukan rumus empiris dan rumus molekul serta
senyawa hidrat.
·
Menentukan kadar zat dalam
campuran
·
Menyetarakan persamaan reaksi
·
Menerapkan konsep mol dalam
perhitungan kimia
|
8 mgg x 3 jp
|
· Buku teks kimia
· Literatur lainnya
· Encarta Encyclopedia
· Lembar kerja
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama,
santun, toleran, cinta
damai dan
peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.11 Menerapkan konsep massa atom
relatif dan massa molekul relatif, persamaan reaksi,
hukum-hukum dasar kimia, dan konsep
mol untuk menyelesaikan perhitungan
kimia
|
|||||
4.11
Mengolah dan
menganalisis data terkait massa atom relatif dan massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar